namindonesia - #JagonyaGame Cara Membuat Aplikasi Website Di Android | Bukan Appgeyser!

namindonesia - Hai apa kabar, kali ini saya mau memberikan sedikit tutorial kepada kalian, Di era modern saat ini pastinya tidak sedikit yang memiliki sebuah blog/website dan pemilik website tersebut pastinya menginginkan website mereka dapat diakses dimanapun dan kapanpun tanpa harus ribet mengetikan nama website tersebut. solusinya adalah membuat aplikasi dari website tersebut.


banyak orang yang masih bingung cara membuat aplikasi website tersebut, karena mereka harus bisa Coding untuk membuat sebuah aplikasi, nah maka dari itu disini saya akan memberikan cara membuat sebuah aplikasi website viewer gratis tentunya tanpa Coding. Memang sudah ada website yang menyediakan fitur membuat aplikasi website salah satunya Appgeyser. Tapi itu bisa dibilang ribet dan susah, tapi dengan menggunakan software yang nanti kita pakai ini kalian tidak perlu ribet karena nanti kita hanya memasukan nama aplikasi,url aplikasi dan icon aplikasi.

Yang nanti kita butuhkan adalah sebuah software bernama "bikin aplikasi web viewer" kalian bisa mendownload software tersebut di google play store atau menggunakan link download dibawah nanti. Selanjutnya adalah url blog kalian untuk yang ini sangat mudah untuk didapatkan yaitu hanya dengan menyalin url blog kalian dari browser. Selanjutnya adalah icon berukuran 200x200px, boleh dibawah 200x200px asalkan jangan melebihi ukuran tersebut.

LINK DOWNLOAD:

Download

Jika kalian sudah mendownload aplikasi diatas atau sudah menyiapkan semua bahan bahan yang nanti diperlukan langsung saja kita menuju ke tutorial nya.

TUTORIANYA:

•  Yang Pertama langsung saja buka aplikasi yang sudah kalian download tadi.


• lalu jika sudah berada di beranda aplikasi nya kalian akan ada tulisan "selamat datang" langsung saja kalian tekan "Mulai"


• kalian akan diarahkan ke menu yang selanjutnya. pada menu ini sama, kalian langsung saja tekan "Mulai"


• kalian akan dialihkan lagi kemenu selanjutnya, pada menu ini silahkan kalian tekan saja "Bikin Aplikasi".


• nah ini adalah menu dimana barang yang kalian siapkan tadi akan dibutuhkan. Silahkan masukan nama aplikasi website kalian, lalu alamat website isikan dengan url website kalian, nama file adalah nama yang akan tampil di file manager smartphone kalian, lalu isikan juga icon aplikasi kalian, ingat jangan melebihi dari ukuran 200x200px. Jika sudah terisi semua langsung saja tekan "BIKIN APLIKASI".


• Silahkan Tunggu beberapa detik, karena aplikasi akan membuatkan aplikasi website viewer untuk kalian.


yeyy Aplikasi sudah berhasil dibuat silahkan install saja atau kalian bisa install nanti dan mencarinya di file manager apabila ingin menginstal aplikasi tersebut.


• ini adalah contoh aplikasi website viewer yang saya buat menggunakan software "Bikin Aplikasi Website Viewer". Tampilan aplikasi akan mengikuti template website yang kalian pakai, apabila ada yang amburadul atau tidak sama dengan website kalian, berarti template yang kalian tidak responsif.
dan jika kalian melihat disana ada tulisan "dibuat dengan bikin aplikasi" itu karena aplikasi kalian memang dibuat menggunakan software " Bikin Aplikasi Website Viewer", untuk menghilangkannya silahkan beli fitur premium.


Aplikasi yang kalian buat tadi akan tersimpan di file manager smartphone kalian, tepatnya di folder "BIKIN APLIKASI"

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN:

Semua yang ada di dunia ini pasti ada kekurangan dan kelebihan berikut kekurangan dan kelebihan membuat software menggunakan software "Bikin Aplikasi Website Viewer"

KELEBIHAN:

• Mudah,simple,gratis,tanpa coding Dan ngga makan banyak waktu.
• Aplikasi sangat ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan

KEKURANGAN:

• Apabila aplikasi sudah jadi tidak akan bisa diubah/diedit url websitenya.
• Jika template website tidak responsif maka tampilan akan amburadul.
• fitur software sangat sedikit dan terbatas.

Saya belum selesai! Selanjutnya saya akan memberikan cara mengganti versi dan mengganti nama package aplikasi tersebut, tujuannya adalah membuat aplikasi kalian tadi lebih profesional.

Package name biasanya berbentuk seperti "com.app.app" nah aplikasi yang kita buat tadi akan berbentuk "com.bikinaplikasi.namaapp", jadi jika dilihat-lihat aplikasi tadi kurang profesional. Berikut cara merubah package name dan versi dari sebuah aplikasi.


• untuk merubahnya kalian memerlukan sebuah software yang bernama "Apk Editor", buka aplikasinya lalu pilih "select apk from app", lalu cari aplikasi website yang kita buat tadi, terakhir pilih "Common Edit".


• nah disitu kalian akan melihat yang namanya "package name" dan. "version name" dan lain lain. Disini kita hanya perlu mengganti package name dan version namenya saja. Tapi apabila ingin mengganti yang package namenya saja juga ngggapapa.



• ganti sesuai keinginan kalian, jika sudah silahkan tekan save dan tunggu beberapa menit dan langsung saja kalian install aplikasinya.



• hasilnya akan nampak seperti ini.


Itu dia cara mengganti package name dan version name pada sebuah aplikasi. Tapi ingat ya jangan gunakan aplikasi "Apk Editor" yang biasa, gunakan yang versi pro. Disini saya belum selesai! Setelah membuat dan mengganti package name agar lebih profesional, selanjutnya kita juga harus menyebar luaskan aplikasi yang kita buat tadi agar banyak yang mendownload aplikasi yang kita buat tadi, selain men-share ke grub,teman, keluarga,media sosial kita juga perlu untuk meng-upload nya ke situs berbagi aplikasi seperti play store,apkpure,uptodown dll.

namun kita akan menggunakan situs berbagi aplikasi bernama "getjar". tapi kenapa kita tidak menggunakan playstore/uptodown/apkpure. Karena kalau di playstore kalian harus merogoh kocek $25 untuk menjadi developer di google play store dan pengalam Mimin meng-upload aplikasi di uptodown proses verifikasi sangat lama bahkan aplikasi saya tidak disetujui, tapi saat saya memakai getjar, aplikasi saya sangat cepat disetujui oleh pihak getjar, maka saya merekomendasikan untuk meng-upload aplikasi kalian tadi di situs getjar. Berikut tutorial nya

Sebelumnya silahkan siapkan bahan bahan untuk meng-upload aplikasi di situs getjar.
• akun getjar
1/lebih screenshot aplikasi tadi berukuran 400x800 untuk ss potrait, dan kebalikannya untuk ss landscape.
• satu icon berukuran 32x32px,satu icon 64x64px,satu icon berukuran 128x128px.
• deskripsi aplikasi dan file aplikasi website viewer yang kita buat tadi

Jika sudah langsung saja kita lanjut ketutorialnya cekidod.

• pertama buka Developer Zone Getjar dan login menggunakan akun kalian, apabila belum silahkan register terlebih dahulu.


• jika sudah masuk ke Home Developer Zone getjar.mobi langsung saja kalian tekan "New App".


• isikan lengkap seperti gambar dibawah ini. Dari nama aplikasi hingga kategori aplikasi, ingat nama aplikasi tidak boleh panjang, text deskripsi harus 400 kata. Dan jika sudah langsung saja ke menu selanjutnya. Untuk screenshot potrait harus berukuran 400x800px dan kebalikan untuk screenshot landscape.


• pada menu ini silahkan pilih nama negara bebas lalu tekan Go to Features.


• silahkan pilih Android/OS.


• lalu buat nama target terserah kalian. Lalu tekan save.


• pada menu ini silahkan upload file kalian dan jangan lupa tekan save change. Pada build name isikan saja package name yang kita buat tadi dan versi aplikasi yang sudah kalian ubah tadi dan jangan  lupa tentukan target dan terakhir pilih done.


• selesai aplikasi kalian sedang dalam masa peninjauan yang memakan waktu 48jam. Jadi kalian tunggu saja.


• Jangan lupa untuk mengaktifkan aplikasi kalian
Caranya tekan publishing lalu pilih apps


centang pada bagian kotak kecil lalu tekan activate. Aplikasi kalian akan aktif setelah lolos review dari pihak getjar.


• aplikasi yang lolos review dan sudah terdaftar di daftar aplikasi disitus getjar akan nampak seperti ini namindonesia at getjar.mobi

Itu dia Cara menyebar-luaskan aplikasi dengan cara mengupload kesitus berbagi aplikasi. Oh ya kalian juga bisa membuat banner tentang aplikasi tersebut dan memajangnya di blog/website kalian. Banner tersebut akan tampak seperti ini


Apabila kalian jago edit ya silahkan untuk membuat banner tersebut dan apabila kalian tidak bisa membuatnya saya menawarkan jasa edit banner, untuk memesan silahkan contact saya.

Itu dia gara cara membuat aplikasi website viewer hingga cara menyebar-luaskan aplikasi di situs berbagi aplikasi.
Bagaimana temen temen? Susah susah gampang kan? Nah apabila temen temen merasa kesusahan silahkan tanya tanya saya melalui WhatsApp saya link di menu navigasi.

PENUTUP:

Oke temen² cukup segini saja saya menemani kalian semoga berhasil dan stay di namindonesia bye.

Post a Comment

Previous Post Next Post